Tuesday, May 1, 2012

Culture Shock, Culture Lag, dan Anomie


Ini Dia Tugas Antropologi saya.. tolong diberi masukan jika ada kekurangannya dan kelebihanya.. hehe  



1. Jelaskan pengertian Culture Schock serta berikan contohnya!
2. Jelaskan pengertian Culture Lag serta berikan contohnya!
3. Jelaskan pengertian Anomie!
Jawab
1.Culture Shock : masa khusus dimana transisis serta perasaan-perasaan unik yang timbul dalam diri seseorang atau masyarakat setelah memasuki suatu kebuadayaan baru. Maksudya adalah ketidaksiapan  masyarakat akan masukya budaya baru sehingga terjadilah penolakan terhadap unsur budaya baru yang masuk.
Contoh: Akibat kenaikan BBM, pemerintah mengkonvensikan BBM menjadi gas dengan cara mensosialisasikan tabung gas ke masyarakat. Namun berhubung sebagian masyarakat belum siap, terkait dengan kenyamanan dan keamanan penggunanan tabung gas maka masyarakat kebanyakan menolak konversi tersebut. 

2.Culture Lag : Suatu kondisi yang terjadi karena unsur-unsur kebudayaan tidak dapat berkembang secara bersamaan , salah satu unsur kebudayaan berkembang sangat cepat sedangkan unsur yang lainya mengalami ketinggalan.
Contoh :  Ada orang desa yang datang ke tempat dengan fasilitas AC, sedang kedapatan merokok yang sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan pada ruangan ber AC. 


3. Anomie : perilaku tanpa arah dan apatis; keadaan masyarakat yang ditandai pandangan sinis atau negatif terhadap sistem norma, hilangnya kewibawaan hukum, dan terjadinya disorganisasi sosial



Semoga Bermanfaat.. :)

2 comments:

SorpackHJ said...

jadi contoh anomie adalah kurangnya kepercayaan terhadap lembaga legislatif di indonesia atau hilangnya kepercayaan terhadap kepolisian Republik Indonesia karena kecurangan yang mereka perbuat. begitu kak?

Annisa Fauzul said...

Ya, itu bisa menjadi salah satu contoh dari anomie. keadaan masyarakat indonesia yang kurang percaya dengan lembaga lebaga tinggi di indonesia menjadi salah satu ironi juga ya. namun sekarang agaknya kepercayaan rakyat indonesia mulai tumbuh lagi dengan adanya pemimpin pemimpin baru yang digadang gadang sanggup mensejahterakan masyrakat. Hidup Indonesia!! terimakasih telah berkujung :)

Post a Comment